Rabu, 05 Juli 2017

Jejak Perjuangan Syeh Ronggo Kusumo di Margoyoso Pati

Targethukumonline. Pati - Rabu tgl (05/07/17) siang itu pukul 14.30 WIB kami melanjutkan perjalanan ke arah Margoyoso dari transit kota Pati mengantarkan seorang kawan lama Mr. Suro Purbo Yuono, Didik Alam, juga Dwi Raih Candra untuk ziarah dimakam Syeh Ronggo Kusumo dalam rangka ngalap berkah dan meningkatkan daya spiritual menuju hakekat dalam pengabdian untuk syi'ar agama Islam.


Sejarah perjuangan tuan Syeh Ronggo Kusumo sudah mengakar dan melekat dihati masyarakat kota Pati dan sekitarnya, adapun kali ini kawan yang jauh-jauh datang dari keradenan Grobogan Purwodadi yang gemar dan hobi wisata religi ini hampir setiap bulan Syawal bahkan bulan Muharram meluangkan waktunya sejenak melepaskan kepenatan duniawi untuk ziarah ke makam makam para ulama dan para waliyullah khususnya di kabupaten Pati ini.

Alhamdulillah sukses bukanlah sekedar duniawi belaka, Bapak Edi Mudawam sebagai juru kunci menceritakan sejarah singkat bahwa keberadaan Syeh Ronggo Kusumo adalah putra dari Mbah Abdullah atau Ki Ageng Ngruwut dari pejagung Tuban Jawa Timur untuk berguru kepada Syaikh Ahmad Mutamakim sebagai Paman dan Gurunya.

Setelah lulus berguru beliau mendirikan Padepokan dan masjid yang sampai saat ini masih berdiri kokoh, sebagai bentuk perjuangan beliau dalam syi'ar agama Islam. Juga masih ada mbelik yang sampai saat ini masih ada disamping masjid,  peninggalan dan sejarah itulah hingga kini masih dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Untuk itulah masyarakat memeringati hari Haul Syeh Ronggo Kusumo setiap tgl 10 sapar dalam penanggalan Jawa, dalam rangka wujud ungkapan syukur warga dan masyarakat setempat. 

Adapun persiapan kirab maupun drumband ataupun karnaval dilakukan sendiri oleh setiap RT di Desa Ngemplak Kidul yang saat ini Bapak lurahnya Kunowo BA. SPd sangat mendukung sekali Kegiatan ini", tutupnya. (Dwi.Candra)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive