Sabtu, 22 Desember 2018

H. Triyono Kepala Desa Terbaik di Penghujung Tahun 2018 di Kab. Pati

Targethukumonline. Pati - Hampir tiga tahun berjalannya pemerintah desa Semirejo yang penuh dengan fenomenal karena sepak terjang beliau dalam memimpin masyarakat setempat, penuh warna seperti warna pelangi dan hujan di siang hari, Minggu tgl (23/12/18).

Menjadi pemimpin yang amanah adalah sebuah trust kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat.

Tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin dengan aneka karakter yang ada, kadang penuh intrik mengikuti eskalasi politik kadang panas kadang dingin, namun H. Triyono dengan penuh kesabaran sebagai orang tua atau seorang bapak mampu ngemong semua pihak dengan segala keluhuran budi sebagai seorang Kepala desa.

Yang cukup fenomenal adalah pembangunan Balai desa yang megah tanpa membebani biaya dari masyarakat setempat, bahkan Balai desa ini terbesar dan termegah dengan ornamen khas Wilwatikta panji panji kebesaran kerajaan Majapahit, yang berarti bangkitnya keluhuran Nusantara.

H. Triyono menjadi pilihan masyarakat kecamatan Gembong sebagai Kepala Desa terbaik sepanjang pemerintahaan di desa Semirejo Gembong-Pati.

Seorang yang rendah hati tegas, berwibawa, bersih, jujur, kerja nyata dan pembangunan yang adil merata walaupun masih banyak kekurangan disana sini, namun dengan semangat kegotongroyongan mampu membawa perubahan yang signifikan, semoga beliau diberikan kesehatan dan umur yang panjang.

Pemimpin adalah komponen yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak tidak ada pemimpin, maka kehidupan tidak akan teratur dan orang akan semaunya saja dalam bertindak.

Kemegahan Balai Desa Semirejo terlihat dari depan ornamen kembang jayakusuma dan kuluk Kanigoro & keris Rambut pinutung.

Dalam islam pemimpin dan perannya sangat diperhatikan, bahkan doa terbaik sudah selayaknya ditujukan kepada pemimpin, tidak sedikit negeri yang makmur dan sejahtera karena diberikan anugrah pemimpin yang baik serta memiliki agama yang kuat.

Seorang Ulama Fudhail bin ‘Iyadh berkata,

لو أن لي دعوة مستجابة ما صيرتها إلا في الإمام قيل له: وكيف ذلك يا أبا علي؟ قال: متى ما صيرتها في نفسي لم تجزني ومتى صيرتها في الإمام فصلاح الإمام صلاح العباد والبلاد
“Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, maka akan aku tujukan doa tersebut kepada pemimpin.”
Ada yang bertanya pada Fudhail, “Mengapa bisa demikian?” Ia menjawab, “Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.”

Doa pertama ; 

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

(Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha’)
“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”

Doa kedua ;

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا
(Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa)
“Yaa Allah -dikarenakan dosa-dosa kami- janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Doa ketiga ;

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin.

Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam.

Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak.

Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.” ($.ucipto)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive