Selasa, 15 Januari 2019

Kades Terpilih Wajib Ikuti Pelatihan Tata Kelola Keuangan

Targethukumonline. Pati - Pada acara Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Senin (14/01) di Pendopo Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto menghimbau agar para kades yang telah terpilih meski belum terlantik, disarankan agar selalu ikut kegiatan kaitannya pengelolaan tata pemerintahan seperti workshop kali ini.

Pelayanan & pelatihan workshop sang penting  bagi Kades yang terpilih.

"Kita juga telah menyiapkan dalam beberapa waktu kedepan pelatihan pemerintahan tentang pengelolaan keuangan dan pengelolaan desa yang kegiatan tersebut telah kami anggarkan," ungkapnya.

Mengingat kepala desa yang baru berasal dari latar belakang yang berbeda dan belum tentu menguasai pemerintahan desa, maka kepala desa yang baru diharapkan Bupati mampu menguasai tata pemerintahan desa. 

"Nantinya akan ada pelatihan kepala desa selama sepuluh hari, yang bertujuan agar kepala desa yang terpilih memiliki kompetensi yang baik, sekaligus memberikan pemahaman kepada kepala desa, lebih-lebih kaitannya program Siskeudes," jelas Haryanto.

Bupati juga berpesan kepada kepala desa yang baru terpilih ketika mendapat permasalahan atau ketika ada yang mengingatkan terkait pemerintahannya, tidak ditanggapi dengan emosi. 

"Komunikasilah yang baik sebab kondisi demikian wajar dialami oleh pemimpin baru, ketika hal itu ditanggapi dengan positif diharapkan kedepannya tidak ada permasalahan yang ditimbulkan," imbuhnya.

Di adakannya acara seperti ini diharapkan penataan pengelolaan keuangan tidak terjadi penyimpangan, karena saat ini pemerintah desa dituntut untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Memasuki tahun anggaran baru, kita telah membuat regulasi berkaitan penggunaan ADD dan DD 2019, dan telah kami sampaikan pula  pada akhir Januari 2019 akan ada pemeriksaan lagi. Dengan adanya pemeriksaan kita harapkan semakin bisa mengurangi resistensi penyimpangan," jelasnya.

Bupati menegaskan, untuk pelatihan tata kelola keuangan dan pemerintahan desa ini bersifat wajib bagi seluruh kades terpilih.

"Jadi nanti baik kepala desa yang baru terpilih ataupun yang sudah pernah menjadi kepala desa sebelum dilantik harus mengikuti pelatihan, apabila tidak mengikuti pelatihan tidak akan saya lantik dulu," tandas Bupati.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber Doni Imam Prianggodo Anggota Komisi XI DPR RI , Ahmad Adib Susilo BPKP Jateng, Kombes Dr. Budi Utomo Kabid Binmas Polda Jawa Tengah. 

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh BPK Perwakilan Jawa Tengah, Dispermades Jawa Tengah, dan Forkopimda Kabupaten Pati. (ROI/humas)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive