Senin, 25 Maret 2019

Dandim Pati Letkol Arief Darmawan Pimpin Penanaman Mangrove di Sepanjang Pantai Desa Margomulyo

Targethukumonline. Pati - Jajaran Kodim 0718 Pati Jawa Tengah (Jateng) melakukan penanaman mangrove di sepanjang pantai desa Margomulyo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Senin tgl (25/03/19).

Penanaman mangrove untuk mengatasi abrasi di garis pantai sepanjang bibir pantura.

Penanaman mangrov dengan menggandeng masyarakat dan sejumlah komunitas di Pati itu dipimpin langsung oleh Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S. Sos.

"Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bagian dari program penghijauan di pesisir pantai yang bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan," ungkap Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S. Sos di sela-sela kegiatan penanaman mangrove.

Menurutnya, Ada 1500 tanaman mangrov yang sudah ditanam, program ini dilaksanakan bukan hanya kali ini (2019, red) namun ditahun-tahun sebelumnya di beberapa daerah di Pati di sepanjang pantai di wilayah Pati juga sudah pernah ditanami mangrove."

Kita sudah pernah menanam ditahun sebelumnya, kurang lebih sudah 5 kali, hanya saja dengan kondisinya itu ada yang tidak berhasil untuk perkembangan dan pertumbuhan, namun begitu kita akan pantau terus agar perkembangan dan pertumbuhan kali ini bisa lebih baik," paparnya.

Arief juga mengisahkan soal pentingnya dan manfaat penanaman mangrov, sebab bisa untuk mencegah dan mengantisipasi bencana alam yang terjadi seperti di beberapa daerah.

"Pemanfaatan penanaman mangrove ini menjadi suatu hal yang kita harapkan, karena memiliki manfaat yang cukup besar, minimal mencegah terjadinya bencana alam," terangnya.

Disinggung tidak adanya keterlibatan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Terkait, Orang Nomor 1 di Jajaran Kodim 0718 Pati itu mengaku Bahwa untuk melaksanakan penamanan mangrov sudah disampaikan, hanya saja karena faktor dan lokasi yang kurang representatif, sehingga hanya mengundang setingkat Muspika dan desa saja.

"Tempatnya kurang representatif, jadi cukup mengundang setingkat Kecamatan dan Desa," ujarnya.

"Kami berharap masyarakat di sekitar pantai sekitar tempat kami menanam bisa sama-sama menjaga tanaman ini (mangrove, red) agar bisa berkembang tumbuh dengan baik yang tentunya manfaatnya bisa kita rasakan bersama sama," timpalnya. (wiz).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive