Minggu, 10 Maret 2019

Sertu Puryono Bajak Sawah Warga Kayen Pati Dalam MT II

Targethukumonline. Pati - Sinergitas yang terbangun antara Babinsa dengan petani terus digalakkan dalam rangka menyukseskan Program Swasembada Pangan. 

Salah satu aksi Sertu Puryono yang menggila saat membawa hand traktor bikin heboh warga.

Salah satu diantaranya kegiatan yang dilakukan Babinsa Koramil 04 Kayen jajaran Kodim 0718 Pati Sertu Puryono dalam melaksanakan wujud nyata pendampingan petani membajak sawah, Senin tgl (11/03/19).

Dalam Ketahanan pangan di wilayah Kodim 0718 Pati, Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Arh Arif Darmawan memerintahkan ke jajaran Koramil Koramil wilayah Kodim Pati untuk berperan aktif dalam rangka pendampingan Upsus Ketahanan Pangan yang telah ditandai dengan MoU kerja sama dengan Kementan (Kementerian Pertanian) yang telah di tegaskan oleh Kepala Staf Angkatan Darat di bidang teretorial.

Sawah yang dibantu di bajak oleh Babinsa adalah milik Bapak Solikhin Poktan Rogomakmur Desa Rogomulyo Kecamatan Kayen seluas lebih kurang 4.5 Ha untuk masa tanam padi MT II.

Kali ini Sertu Puryono mengatakan bahwa turun ke sawah membantu petani membajak sawah dengan menggunakan alat bajak modern traktor untuk menggarap lahan sawah sehingga hasil membajaknya lebih cepat dan dapat segera ditanami.

Masih lanjut Sertu Puryono, pengolahan menggunakan traktor bukanlah baru dalam pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan dengan biaya lebih murah.

“Dengan menggunakan hand tractor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma atau rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga menambah kesuburan tanah.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI dalam mendampingi para petani dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kayen sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi, selalu memotivasi, memantau dan memonitoring untuk menghimbau para petaninya yang sudah panen segera menggarap lagi lahannya," pungkasnya.

Pada kesempatan lain, Danramil 04 Kayen Kapten Cba M. Zuhri Antoro, mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayahnya.

Selain itu melaksanakan pemantauan wilayah binaan serta pendekatan - pendekatan terhadap semua elemen ditingkat Desa demi keharmonisan dan kedekatan guna menunjang tugasnya,” tegas Danramil. ($.$.1)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive