Selasa, 16 Juli 2019

Advokat Bersama Ormas LMPI, Berikan Penyuluhan Tentang Narkoba di SMK Islam Tsamrotul Huda

Targethukumonline. Jepara - Senin, Dalam Program Advokat masuk sekolah, LKBH Jepara melakukan Penyuluhan Hukum Anti Narkoba dan sex bebas bagi Remaja SLTA, (16/07/19).

Waspada terhadap narkoba sejak udia dini menjadi prioritas advokat & LMPI Jepara.

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Jepara penyuluhan hukum dalam program Advokat masuk sekolah yang dimasukkan dalam program Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk murid-murid baru di SMK Islam Tsamrotul Huda, Desa Kecapi, Tahunan, Jepara.

Dalam kegiatan tersebut, LKBH Jepara yang diwakili H. Agus Setiyawan, S.H. dan Rudi Faishol, SH menyampaikan pentingnya ditanamkannya pendidikan karakter dan lingkungan yang baik agar tercipta generasi terpelajar yang baik dan berkompeten.

Pendidikan hukum untuk masyarakat umum khususnya pelajar/siswa di sekolah tingkat SLTA bertujuan untuk memberikan esensi dan dasar-dasar hukum yang akan melahirkan kesadaran secara pribadi dan akan menekan tingkatan pelanggaran hukum sejak dini.

Meminimalisir kejahatan karena mereka sudah mengetahui dampak dan sangsi terhadap pelanggaran yang telah mereka lakukan.

Pengetahuan hukum yang sangat urgen dimiliki oleh siswa SLTA adalah mengenai tawuran, pelanggaran lalu lintas, narkoba, judi, begal motor dan tak kalah pentingnya akan bahayanya seks bebas.

Dengan bekal pengetahuan tentang hukum tersebut tidak ada lagi pelanggaran hukum yang dilakukan dengan alasan ikut-ikutan, terjebak, dipaksa, atau dengan alasan lainnya.

Pada akhir sesi penyampaian materi menutup tersebut. H. Agus Setiyawan, SH memaparkan Jepara menempati peringkat ke dua setelah Solo, untuk kasus penyalahgunaan Narkoba, jangan sampai kita malah menjadi urutan pertama, itu bukan prestasi yang baik, tapi sangat buruk.

Untuk itu kalian para generasi terpelajar harus bisa menjadi penerus bangsa yang berprestasi dan menjauhi Narkoba". H. Agus Setiyawan, S.H. imbuhnya.

Setelah acara selesai selanjutnya LKBH Jepara bersama Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Marcab Jepara yang mengadakan kegiatan Penyuluhan Hukum dengan peserta 30 siswa kelas XI dan kelas XII.

Penyuluhan hukum Ini adalah sebagai langkah tahap lanjutan dan pemantapan terhadap kegiatan yang serupa yang pernah dilakukan oleh LKBH Jepara di SMK tersebut tahun 2017 yang lalu.

Untuk penegasan hal itu wak media mencoba menghubungi secara langsung pada Ketua LKBH Jepara, Ketua Marcab LMPI Jepara, dan Ketua PERADI Jepara yaitu Advokat H. Heni Purwadi, SH.

Pentingnya sosialisasi sejak awal menjadi bukti eksistensi advokat & LMPI Jepara.

Beliau menyatakan pentingnya hubungan yang sinergis antara LBH dan ORMAS untuk melakukan pengabdian dan penyuluhan hukum demi menjaga tunas bangsa, apalagi khususnya LMPI Jepara yang merupakan satu-satunya Ormas yang ikut dalam penandatanganan Zona Integritas di Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Agama Jepara.

Masyarakat sadar hukum adalah masyarakat yang mengenal dan paham akan hukum. ($.aries)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive