Jumat, 16 Agustus 2019

LMPI Mancab Jepara Gelar Diskusi dan Renungan Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74

Targethukumonline. Jepara - Dalam "Menumbuhkan semangat jiwa korsa dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan" di hari kemenangan ini, Jum'at tgl (16/08/19).

Jiwa korsa tumbuh dalam keluarga besar LMPI.

Bertempat dirumah jagong SCJ, LMPI Mancab jepara menggelar acara diskusi dan renungan Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, dengan tema "menumbuhkan semangat jiwa korsa dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan " acara diskusi dan renungan dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya,menyanyikan lagu mars LMPI.

Kemudian sambutan ketua panitia kemudian sambutan ketua LMPI Mancab Jepara H. Heni Purwadi. SH
Dalam sambutannya ketua LMPI Mancab Jepara berterimakasih kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan acara ini.

Dari renungan dan diakusi diakusi atau ngobrol ngobrol semacam ini berharap LMPI akan semakin besar kedepan.

Jangan harap organisasi kita besar kalau kita tidak pernah kumpul dan diskusi membahas bagaimana LMPI dan Indonesia Kedepan.

Kemandirian organisasi itu sangat penting, ketua berharap LMPI bisa mandiri dan kompak dalam situasi apapun.

Sambutan Selanjutnya oleh Kolonel Pur. Soepanto, beliau adalah Panglima LMPI Mada Jateng, memberikan dorongan serta motifasi menjelaskan
apa sih semangat jiwa korsa, semangat jiwa korsa adalah rasa senasip sepenanggungan dilatar belakang organisasi apapun kita itu satu nasip. 

Artinya kalau kita satu nasip, kalau rekan kita sakit, kitapun ikut merasakan sakit. Meskipun secara fisiknya rekan kita yang sakit tetapi hati kita juga merasakan sakit. 

Dengan sendirinya kita sebagai mahluk sosial kita wajib untuk membantunya, paling tidak membesarkan morilnya  supaya penyakitnya bisa sembuh, secara harfiah diartikan rasa ikatan batin, seperti sapu lidi, sapu lidi itu kalau tidak diikat tidak bisa untuk menyapu, tetapi kalau sudah diikat dalam satu wadah organisasi rasa kebersamaan itu akan menumbuhkan jiwa korsa.

Bergeraknya atas dasar  komando, tidak bergerak sendiri sendiri.

Bagaimana caranya untuk supaya menumbuhkan kadernisasi dalam rangka membesarkan LMPI yang dengan sangat keterbatasan anggaran dana, tentunya memerlukan pemikiran tersendiri, yang pertama  dilakukan bisa diawali dengan penyebaran informasi yang positip kepada masyarakat, seperti kegiatan kegiatan yang sifatnya sosial,atau apapun kegiatannya yang penting positip yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri, dengan demikian LMPI Jepara akan dinilai baik dan diterima oleh masyarakat.

Sebenarnya gak melulu mengeluarkan dana, dimulai dari diri sendiri saja dilingkungan sekitar, ikutlah, berbaurlah dengan warga sekitar dengan kegiatan kegiatan yang ada, sambil memakai seragam LMPI. sesekali adakan acara yang melibatkan seluruh anggota, jadi seperti itu dulu, saya yakin kalau fakta yang dimunculkan positip saya rasa imbasnya akan positip juga untuk kemajuan,serta pertumbuhan kadernisasi kedepan.

Beliu juga mencontohkan Sishankamrata singkatan dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Sistem ini adalah sistem pertahanan yang menyeluruh untuk melindungi persatuan dan kesatuan NKRI. 

Komponen utamanya adalah pertahanan militer kita seperti TNI, POLRI dan Masyarakat, masyarakat disini sangat banyak dan berlapis lapis, seperti tokoh tokoh masyarakat, profesional organisasi organisasi masyakat dan lain lain, semua punya tanggung jawab moral untuk mempertahankan keutuhan keamanan NKRI, jika sewaktu waktu negara dalam  keadaan genting untuk mempertahankan wilayah kesatuan NKRI kita wajib ikut angkat senjata.

Dengan pengertian pengertian seperti itu yang sebenarnya organisasi ini tujuannya untuk membantu  menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia saya yakin akan bergerak hatinya, kalau tidak bergerak suruh pindah kenegara lain ucap gunawan supanto.

Secara materi organisasi memang perlu trobosan untuk menghidupi suatu organisasi itu sendiri, seperti buat usaha yang hasilnya nanti bisa buat memutar operasional syukur syukur bisa untuk berbagi hasil dengan anggota, tidak mudah memang perlu kedisiplinan dan kejujuran.

Sambutan terakhir ketua LMPI Mancab Jepara H.Heni Purwadi, SH membacakan Renungan yang isinya sebagai berikut :

Renungan Kemerdekaan
Dirgahayu Bangsaku
Dirgahayu Indonesia
Kemandirian Bukan Merendahkan Harga Diri, Tapi untuk memberi contoh pada anak cucu agar Jiwanya Tangguh dan Bermental Baja.

Tanpa kemandirian tak akan mungkin lahir kemerdekaan,
Kemerdekaan itu adalah :

Bebas dari rasa takut,
Bebas dari rasa galau,
Bebas dari tekanan,
Bebas dari hambatan,
Bebas dari kemiskinan,
Bebas dari penghianatan,
Bebas dari kemunafikan,
Bebas dan Bebas dari hal apapun.

Bebas bukan tanpa batas,
Tapi tetap harus ada batasan,
Dan, itulah makna kemerdekaan,
Kemerdekaan yang kita rasakan hingga sekarang, adalah Anugerah terindah dan berkah dari Tuhan, yang telah diperjuangkan dengan sungguh - sungguh dan tulus oleh pendahulu kita atau para Pahlawan bunga bangsa yang telah gugur dan menyatu dengan ibu pertiwi.

Dengan segala daya dan upaya serta penuh kerelaan dan rasa ikhlas telah mengorbankan segala tenaga, harta dan nyawanya.

Tugas kita sekarang adalah menjaga, merawat dan mengawal bersama kemerdekaan dengan tindakan dan prestasi yang terbaik.

Jadilah elang perkasa, jangan jadi ayam yang bersayap tapi tak mampu terbang.

Kapal Hebat akan selalu siap berlayar, dan lebih baik tenggelam di tengah laut daripada hanya diam tertambat didermaga.

Bergeraklah wahai saudaraku semua mari saling memberi semangat, mari saling bergandengan tangan mari saling menasehati dan memperhatikan
Mari saling mendo'akan.

Alloh hu robbi
Ya Allah Ya Robb,
Tuhan Yang Maha Kuasa,
Kami yang hadir dalam acara ini, kami seluruh rakyat Indonesia mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas nikmat dan rahmat kemerdekaan yang telah Engkau anugerahkan kepada bangsa dan negara kami.

Ya Allah Ya Robb,
Yang Maha Pengasih,
Kami yang hadir dalam acara ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada kami bangsa dan rakyat Indonesia adalah nikmat yang telah kami peroleh dengan pengorbanan jiwa dan raga putra-putri pejuang bangsa kami.

Oleh karena itu curahkan dan limpahkanlah kasih sayang dan ridho-mu kepada para pahlawan dan pejuang bangsa kami, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, Kiranya Engkau mengampuni dosa-dosa para pahlawan kami, dan berkenan menerima pengabdian dan darma bakti mereka sebagai syuhada bangsa dan negara kami.

Ya Allah Ya Robb
Tuhan Yang Maha Penyayang
Atas segala rahmat dan Karunia-Mu, pada hari ini kami
Kami yang hadir dalam acara ini
.
Dan seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati hari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-74.

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia, bangkitkan semangat persatuan dan kesatuan kami. 

Berkahilah bangsa kami, berilah bimbingan kepada kami untuk untuk menjadi negara yang maju agar terhindar dari kemiskinan dan bisa menjadi negara yang makmur berkeadilan serta adil yang penuh kesejahteraan bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Ya Allah Ya Robb,
Tuhan Yang Maha Bijaksana
Kami yang hadir dalam acara ini. 

Berikanlah kemudahan,
Kami menyadari dan memahami perjuangan bangsa kami belum selesai, perjalanan sejarah bangsa kami masih jauh, oleh sebab itu Ya Allah hindarkan bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan, mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, dan jadikanlah bangsa kami bangsa yang mandiri, maju, bertaqwa, beraklaq mulia, makmur adil dan sejahtera.

Ya Allah Ya Robb,
Tuhan Yang Maha Pemersatu
Kami yang hadir dalam acara ini.
Berikan hati yang penuh kasih dan sayang jadikanlah peringatan dan renungan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami.

Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datangnya dari langit maupun dari bumi.

Ya Allah Ya Robb,
Tuhan Yang Pengampun
Kami yang hadir dalam acara ini.

Masih berlumur banyak salah dan dosa ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami, saudara-saudara kami, guru kami, sahabat-sahabat kami dan Anggota Keluarga besar LMPI Marcab Jepara serta para pemimpin kami.

Terimalah amal dan perjuangan kami, karena Engkau maha pengampun lagi maha mengetahui.

Ya Allah Ya Robb,
Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, kami yang hadir dalam acara ini mengharap dengan penuh ketulusan, kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua (khususnya pengurus dan anggota LMPI) yang hadir dalam acara ini tergolong hamba-Mu yang baik, bertaqwa dan tetap iman kepada-Mu, sehingga mampu menjadi orang - orang pilihan yang berguna bagi diri sendiri, Keluarga, sahabat, organisasi, masyarakat, bangsa dan negara serta agama kami,
Hadirkan di hati kami semangat tolong - menolong dan gotong - royong.

Jauhkanlah di hati kami sifat keburukan, dan Penyakit AIDS ( Amarah, iri, dengki dan Sombong) Aammiiin ya robbal alamiin Kun fa yakun.

Acara ditutup dengan Doa selanjutnya pemotongan tumpeng oleh ketua LMPI Mancab Jepara diserahkan kepada Panglima LMPI Mada Jateng Bapak Kolonel Pur. Supanto. ($ aries)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive