Minggu, 04 Agustus 2019

Pati Expo Kupas Tuntas Produk Lokal UMKM

Targethukumonline. Pati - Sekda Pati Suharyono bersama dengan sejumlah OPD hari ini meninjau sejumlah stand UMKM dalam  Pati Expo di Stadion Joyo Kusumo Pati, Senin tgl (05/08/19).

Produk lokal UMKM menjadi bradded tersendiri.

"Untuk UMKM yang hadir dan berkontribusi di sini telah mengalami perkembangan maupun peningkatan yang signifikan, ini luara biasa", ujar Sekda.

Perkembangan yang ia maksud adalah mulai dari packing, kualitas produk serta harga yang sangat terjangkau. 

"Dan ini menunjukkan bahwa UMKM di Kabupaten Pati mengalami peningkatan dari waktu ke waktu", lanjut Suharyono.

Sebagai contoh adalah batik yang dulu harganya ada di kisaran Rp 150 ribu, sekarang harganya ada yang mencapai Rp 700 ribu tergantung macamnya. 

Dan itu adalah bukti bahwa batik tidak hanya berkembang di lokal saja namun juga dalam skala nasional", imbuhnya.

Menurut Sekda, tak hanya batik saja yang kualitas maupun harganya mampu bersaing dengan daerah lain, namun produk yang lain pun demikian," jelasnya.

Suharyono pun sempat tertarik dan bahkan membeli beberapa produk kerajinan yang ada.

"Menarik sekali, tadi  kita sempat membeli produk kerajinan, dan luar biasanya produk - produk ini berasal dari bahan - bahan yang sebelumnya tidak terpakai menjadi produk yang bagus dan siap pakai seperti tas dan kerajinan yang lain", jelasnya.

Suharyono pun berharap tak hanya batik, kopi dan kerajinan saja, namun produk - produk lokal lain ia harapkan ada peningkatan dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut Suharyono menjelaskan Pati Expo 2019  merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-696 Kabupaten pati.

Sementara itu, selain sebagai pelaksana, Dinas koperasi  juga ikut meramaikan expo dengan menampilkan tema memperingati Hari Koperasi dan UMKM  berupa Pameran / Bazar UMKM.

Ada pula Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Pati dengan tema Pati Tourism Expo 2019, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati dengan tema Pangan Lokal sebagai kekuatan untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan, berupa Festival Pangan Lokal.

Tak ketinggalan para sponsor/ mitra kerja yang juga ikut memeriahkan Pati Expo 2019. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive