Minggu, 10 November 2019

FORMADES Desa Kaliaman Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2019

Targethukumonline. Jepara - Dalam memperingati hari pahlawan 10 nop 2019, Forum Masyarakat Desa juga disebut FORMADES desa Kaliaman kecamatan Kembang kabupaten Jepara, menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk juga bersamaan hari wayang nasional, (11/11/19).

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakin Petruk dadi Ratu.

Tujuan diadakan pagelaran tersebut adalah disamping untuk mengangkat kembali seni wayang yang semakin lama semakin tergerus oleh globalisasi jaman, seni wayang adalah produk budaya lokal asli milik leluhur Nusantara yang sudah tercatat dalam UNESCO sebagai warisan budaya jawi, seyogyanya kita lestarikan kita uri uri keberadaannya sampai generasi generasi selanjutnya.

Jangan sampai seni wayang yang milik kita sendiri tenggelam, atau parahnya lagi generasi melenial seperti sekarang ini tidak tahu akan seni wayang kulit.


Perjalanan seni wayang sampai sekarang sudah mengalami berbagai macam perubahan karena memang tututan modernisasi, tuntutan globalisasi yang memaksa untuk impruf akan perkembangan jaman.

Mengikuti perkembangan jaman boleh boleh saja, tetapi ciri asli dari seni wayang khususnya wayang kulit haruslah tetap ditampilkan, tetap dijaga, karena itu untuk menjaga keaslian pakem  dalamseni wayang tersebut.

FORMADES Desa Kaliaman mengangkat originalitas seni wayang yang didukung oleh PEPADI (Persatuan Pedalang Indonesia), juga dukungan Pemda kabupaten Jepara, menganggakat seni dan perjuangan lewat sebuah pementasan budaya tradisional wayang.

Hadir dalam kesempatan tersebut PLT Bupati Jepara, diwakili oleh Ketua PEPADI juga mewakili dinas Pariwisata Jepara, Kapolsek, Danramil, Petinggi Desa Kaliaman beserta perangkat, para tamu undangan dari Ormas, LMPI Laskar Merah Putih Indonesia, serta IPJT Insan Pers Jawa Tengah Ksb Jepara, juga masyarakat desa Kaliaman dan para tokoh pemuda/masyarakat setempat.

Acara cukup meriah dengan hadirnya warga yang memenuhi tempat acara tersebut, Dalang Ki Sudarmi mengangkat cerita Petruk Dadi Ratu.

H. Heni Purwadi, SH ketua FORMADES tingkat pusat lingkup Nasional dalam pernyataanya mengatakan bahwa Formades itu hanya ada dua struktur, yaitu struktur Nasional dan struktur khusus Desa.

Diharapkan dengan adanya Forum masyarakat Desa (Formades) masyarakat setempat bisa masuk didalamnya mewakili ormas masyarakat yang lahir dari desa tersebut, untuk bisa membantu, dan mengawasi jalannya Pemerintahan Desa.

Formades adalah asli Ormas milik desa setempat, jadi silahkan segera buat struktur FORMADES ditiap tiap Desa agar keterwakilan ormas bisa langsung dimiliki oleh masyarakat setempat.

Tentang adanya dana dana yang cukup besar yang diberikan pemerintah kepada seluruh desa membutuhkan pengawasan serta gotong royong dalam penyalurannya maka FORMADES hadir sebagai solusinya. ($.aries)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive