Minggu, 10 November 2019

KKI Dalam Menjaga Marwah Empat Pilar Kebangsaan Menuju Indonesia Jaya

Targethukumonline. Pati - Dalam rangka acara silahturahmi Keluarga besar KKI (Komunitas Kritis Indonesia) kabupaten Pati menjaga empat pilar kebangsaan untuk peduli pada sesama dan semesta melalui prosesi budaya ruwatan massal sukerto - murwokolo menuju Indonesia unggul toto tentrem kerto raharjo dipusatkan di gedung juang 45 Pati, Minggu tgl (10/11/19).

KKI dalam menjaga marwah budaya jawi sebagai warisan para leluhur.

Acara dimulai Pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Dandim 0718 Pati diwakili Danramil 01 Pati Kapten Inf Yahudi, S.sos (sebagai narasumber), ketua KKI pusat Beny Susanto, ketua Litbang Agus Mujayanto, ketua KKI Pati Aris Sunandar, Eyang Hariyadi sesepuh ahli waris keturunan sunan kalijogo Demak, Eyang Bambang, ketua KKI Jepara, anggota KKI Pati berjumlah 70 anggota aktif.

Ruwatan bagi masyarakat jawa adalah suatu bentuk usaha yang bertujuan agar kelak setelah menjalani ruwatan mendapatkan berkah berupa keselamatan, kesehatan, kedamaian, ketentraman jiwa, kesejahteraan dan kebahagiaan bagi diri sendiri secara khusus maupun bagi keluarga dalam lingkup yang lebih besar lagi.

Dalam sambutannya, Danramil 01 Pati Kapten inf Yahudi, S. Sos sebagai narasumber mewakili Dandim Pati menyampaikan permohonan maaf karena Komandan kodim tidak bisa hadir karena ada acara yang penting yang bertepatan pada hari Pahlawan yang tentunya menjadi refleksi bahwa bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya, yang gugur dalam menjaga ibu Pertiwi.

Dalam materi yang disajikan pagi itu Kapten Yaho panggilan akrab Danramil Pati itu mengulas tentang empat konsesus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI yang menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

"Situasi dan kondisi saat ini perlu keikutsertaan masyarakat dalam membangun bangsa ini," imbuhnya.

"Mari kita menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan sehingga terbangun  kebersamaan dan kedamaian bangsa," terangnya.

"Mari kita tolak radikalisme dengan membangun kekompakan, kebersamaan dan Persaudaraan dalam komunitas KKI Kabupaten Pati," tandasnya.

Setelah acara penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh narasumber, sebagai penutup dalam kegiatan dilaksanakan acara ruwatan yakni dengan prosesi penyiraman air kepada empat orang perwakilan anggota KKI Pati oleh eyang Hariyadi dan eyang Bambang sebagai prosesi pada keluhuran kabudayan jawi khususnya.

Untuk itu dengan adanya kabinet Indonesia maju jilid II tentunya sebuah harapan besar yang diemban oleh para menteri akan membawa kejayaan Indonesia seperti yang tertulis dalam kitab pararaton maupun kertagama juga kitab jongko Jayabaya bahwa Nusantara akan menuju mercusuar Dunia sebagai gerbang pintu kemerdekaan yang termaktub dalam kitab UUD'45 selama ini. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive