Senin, 18 November 2019

Studi Banding Kabupaten Manokwari ke Jepara Dalam Program Pengembangan Seni dan Ukir

Targethukumonline. Jepara - Kota Jepara telah kedatangan saudara kita dari Papua, tepatnya Kunjungan Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Manokwari Propinsi Papua, Senin tgl (18/11/19).

Seni ukir sebagai salah satu warisan cagar budaya yang perlu dilestarikan.

Dalam berkunjungnya ke Pemerintah kabupaten Jepara ini, adalah program studibanding yang telah direncanakan di tahun 2018 dan baru tahun 2019 dilaksanakan.

Marthin Dowansiba ditemui awak media dipendopo kabupaten Jepara, mengatakan bahwa lawatan ini guna belajar serta melihat langsung proses pembuatan seni ukir Jepara, juga mempersiapkan kerjasama Magang, khususnya seni ukir, karena seni ukir Jepara telah dikenal dunia Internasional.

Seni ukir ini akan diproyeksikan kedalam program pendidikan sekolah dengan sebutan SMS ( Seniman Masuk Sekolah ). Mulai dari SD sampai dengan SLTP dengan harapan pembelajaran sejak dini akan mudah melekat dalam ingatan dan siswa lebih mencintai lagi seni ukir yang ada di Manokwari.

Marthin Dowansiba menjelaskan bahan bahan disana tersedia cukup banyak dan berlimpah, maka sangat disayangkan jika tidak diexplor secara maksimal, hanya saja keterbatasan suber daya manusianya yang memang terbatas, maka dari itu kami datang ke Jepara untuk belajar disini.

Dan ia juga mengharap kerja sama yang baik kepada pemerintah kabupaten Jepara bersedia mengirimkan ahli - ahli ukir untuk mendidik kami disana, karena kami sadar proses ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, kami butuh pendampingan untuk itu, agar program kami bisa berjalan sesuai rencana.

Terimakasih dalam hal ini kepada Pemerintah kabupaten Jepara telah bersedia menerima kami dengan baik, mendukung program program kami. 

Kami berharap kerja sama antar pemerintahan bisa berlanjut khususnya seni ukir salah satu seni yang luar biasa dan warisan dari para leluhur sebagai salah satu cagar budaya yang harus terus dilestarikan. ($.aries)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive