Selasa, 31 Desember 2019

Menjaga Ketahanan Pangan Nasional Babinsa Koramil Tayu Lakukan Pendampingan Khusus di Sektor Pertanian

Targethukumonline. Pati - Musim hujan sudah tiba, tentunya ini yang selalu dinanti-nanti terutama oleh para petani dikawasan Kabupaten Pati, terutama wilayah Pati Timur dan selatan yang sangat merasakan dampak kemarau yang begitu panjang.

Upsus terus dilakukan selama musim hujan telah tiba.

Dampak kemarau panjang tahun ini telah meninggalkan cerita tersendiri terutama sebagian wilayah di Kabupaten Pati yang mengalami krisis air bersih selama berbulan - bulan seperti di kecamatan Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Winong, Tambakromo, Sukolilo, Batangan, bukan cuma puluhan namun ratusan desa mengalami krisis air.

Memasuki bulan Desember 2019 musim hujan yang telah dinantikan oleh banyak orang terutama para petani sudah tiba. 

Geliat ekonomi keluargapun mulai menuai harapan tentunya untuk memulai bercocok tanam khususnya diwilayah tadah hujan yang hanya mengandalkan air hujan sebagai pengairan satu - satunya untuk tanaman padi saat ini.

Disejumlah wilayah, sawah sudah mulai menghijau dengan tanaman padi yang tumbuh dengan sistem tanam yang sering kita kenal dengan Gogo rancah.

Kondisi berbeda dialami oleh wilayah bagian utara kabupaten Pati tepatnya di kecamatan Tayu yang memiliki banyak sumber air dan irigasi yang dapat menyuplai air ke lahan pertanian sehingga diwilayah ini dapat melaksanakan tanam padi sampai tiga kali sehingga diwilayah ini para petani padi khususnya dapat panen raya yang melimpah.

Seiring dengan program pemerintah di era Presiden Joko Widodo saat ini juga memprioritaskan sektor pertanian dengan Program Upsus Ketahanan Pangan yang menggandeng TNI - AD untuk melaksanakan pendampingan bersama Kementerian Pertanian kepada para petani.

Seperti yang dilaksanakan oleh para Babinsa Koramil 03 Tayu Kodim 0718 Pati yang mengadakan pendampingan upsus ketahanan pangan  LTT (Laporan Tambah Tanam) dan LTP (Laporan Tambah Panen) diwilayah Kecamatan Tayu, Selasa tgl (31/12/19).

Berikut ini hasil pendampingan yang sudah rutin dilaksanakan oleh para Babinsa diwilayah desa binaan masing-masing.

Laporan Tambah Tanam (LTT)  yaitu desa Pondohan, Kedungsari, Margomulyo 1 ha, Pakis 1 ha, Sendangrejo, jepat Kidul, Tunggulsari, Jepat lor, Tendas, Keburomo, Sambiroto, Tayu wetan 1 ha, Tayu kulon 2 ha, Pundenrejo 1 ha, Kedungbang 1 ha, Bedokaton kidul 4, Purwokerto 4 ha, Bulungan 6 ha, Luwang 4 ha, Dororejo 4 ha, Kalikalong 3 ha.

Dengan jumlah 32 hektare sawah yang siap tanam yang sudah memasuki MT satu agar hasil bisa lebih maksimal.
                 
       
Laporan Tambah Panen (LTP) ; desa Pondowan, Margomulyo 2 ha, Pakis, Jepat kidul, jepat lor, Keboromo, Tayu wetan, Tayu kulon, Pundenrejo, Bendokaton kidul, Purwokerto, Bulungan, Luang 1 ha, Kali kalong, kedungsari, Sendangrejo, Tendas, Sambiroto, Dororejo.      

Sedangkan untuk awal panen di awal musim hujan baru tiga hektare sawah di wilayah kecamatan Tayu yang nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah kabupaten Pati dan sekitarnya. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive