Selasa, 21 Januari 2020

Hadiri HUT LVRI, Bupati Haryanto Ungkapkan Keharuan Tiap Kali Ikuti Taptu

Targethukumonline. Pati - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan HUT ke-39 Pemuda Panca Marga diperingati secara bersamaan dalam sebuah acara di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (21/01/20).

Perjuangan para pahlawan (veteran) mencapai kemerdekaan saat ini.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto mengatakan, peran serta dari para veteran dalam mempertahankan NKRI sangat luar biasa.

Haryanto manyadari betapa beratnya perjuangan mereka dahulu. Oleh karena itu, pada setiap sesi pembacaan sejarah perjuangan dalam upacara taptu menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, Bupati mengaku selalu merasa trenyuh dan terharu.

"Bung Karno pernah bilang, dulu para pahlawan berjuang melawan penjajah, sekarang kita melawan bangsa kita sendiri", keluh Haryanto.

Sekarang, lanjut Bupati, antarteman dan tetangga sendiri kadang saling sikut, saling mencibir.

"Mestinya ini kita hindari. Jangan sampai perjuangan veteran sia-sia. 

Kita patut bersyukur diwarisi negara yang subur makmur, kondusif. Ini anugerah Allah melalui perjuangan para veteran", ungkap Haryanto.

Bupati pun mengajak masyarakat untuk introspeksi diri, kemudian menjalin kekuatan bersama untuk membangun negeri.

Senada dengan Bupati, Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zaman juga mengatakan, kemerdekaan yang dinikmati generasi saat ini merupakan berkat peranan, sumbangsih, dan hasil perjuangan para pejuang.

"Pengorbanan para veteran harus kita teruskan, dulu kita mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan, hari ini mari kita satukan kekuatan untuk mengentaskan kemiskinan, semangatnya sama, musuhnya beda", jelas Dandim.

Sementara itu, Wakil Ketua LVRI Pati Kapten (Purn) TNI AD Untung Djoko Suratno membacakan sambutan Ketua Umum DPP LVRI Mayjen (Purn) Saiful Sulun.

Ia menyebut, terbentuknya LVRI merupakan penghormatan dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para veteran yang telah berjuang meraih kemerdekaan.

Sejak 2 Januari 1957, LVRI masih eksis hingga saat ini. "Itu karena dedikasi tinggi dan diperkuat beberapa Undang-Undang", jelasnya.

Melalui sambutan yang ia bacakan, Untung mengajak segenap anggota legiun veteran untuk terus menjalin komunikasi dengan segenap elemen masyarakat, termasuk pemerintah.

"Tetap pelihara eksistensi LVRI yang selama ini dikenal bersih di mata masyarakat, jangan pernah lelah mengabdi untuk negeri," tegasnya.

Ia juga berharap, pemerintah tetap memberikan dorongan dan dukungan pada LVRI dalam menjalankan tugasnya. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive