Sabtu, 25 Januari 2020

Kirab Budaya Imlek Menjadi Alat Pemersatu Bangsa

Targethukumonline. Pati - Ribuan warga pati siang tadi tumpah ruah menyaksikan acara Kirab budaya dalam rangka menyambut Imlek 2571, Sabtu tgl (25/01/20).

Imlek kirab budaya salah satu alat pemersatu Bangsa.

Acara yang dipusatkan di Jembatan Kalidoro Jl.Pemuda sekira pukul 12.00 WIB dalam rangka Pelepasan Kirab yang termasuk dalam serangkaian kegiatan Gathering Tahun Baru Imlek 2571.

Dengan tema "Menyapa Bangsa di Taman Hati Dengan Meneguhkan Persaudaraan Untuk Kemajuan NKRI berlangsung sangat meriah.

Acara pelepasan kirab budaya tersebut mendapatkan perhatian dari orang nomor satu di Kabupaten Pati H. Haryanto, SH. MM. MSi bersama Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin, SE, bahkan mantan Dandim Pati yang sekarang menjabat sebagai Kasi Ops Korem 072 DIY Kolonel Inf Heri Setiono juga menyempatkan hadir.

Tidak ketinggalan pula Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE., Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I. K., Anggota DPR RI Komisi IV H. Imam Suroso, SH. MSi, anggota DPRD kab. Pati Endah Sri Wahyuningati, Gusdurian Pati Kh Drs. Happy  Irianto dan Muspika Pati.

Sebelum dilepas oleh Bupati, terlihat kirab budaya pada siang tadi dengan susunan paling depan adalah pembawa Garuda Pancasila disusul dibelakangnya pembawa foto presiden dan wakil presiden, dibelakangnya ada 45 orang pasukan merah putih dari SMK Negeri Pati, marching band salafiyah kajen pati, pembawa fandel dan bendera klenteng, liong satya wadya, tandu hok tik bio, barongsai satia wadya pati, Bbarongsai naga mas kertosono jatim, tandu klenteng tjong hok bio, sanggar tri dharma mekar teratai dewa - dewi semarang, ada pula grup rebana, reog ponorogo, marchingband SMK alfalah winong pati, carnaval ponpes qomaruddin oleh SMK asa'adah, barongsai mustika rembang, marchingband MA ihyaul ullim wedarijaksa pati, barongsai dharma asih semarang, pakaian adat nusantara gereja katolik santo jusup dan paling belakang  marchingband misbaul ullum pasucen trangkil.

Kegiatan kirab budaya pada siang hari tadi diberangkatkan oleh Bupati Pati H Haryanto, SH, MM, M.Si dengan menekan tombol bersama - sama dengan forkompinda kabupaten Pati.

Arak - arakan kirab dari siang hingga sore menempuh rute dari titik start jembatan kalidoro kecamatan Pati jalan pemuda menuju alun - alun simpang lima pati, jalan panglima sudirman, jalan kyai saleh, jalan RA. kartini, jalan  Dr. wahidin, jalan tondonegoro, jalan KH. ahmad dahlan dan finish di jalan setia budi selanjutnya kembali Ke klenteng Hok Tik Bio.

Dalam pelaksanan kirab tahun baru Imlek 2571 sepanjang rute dan di lokasi klenteng Hok Tik Bio mendapat pengamanan dari Koramil - 01 Pati, Polsek Pati, Satlantas Polres Pati, Kipan C Yonif 410 Alugoro, Brimob Pati, Satpol PP dan Banser NU.

Sebuah keragaman budaya yang ada saat ini merupakan buah perjuangan sosok Gus Dur bahwa tidak ada kaum minoritas maupun kaum pluralisme yang ada adalah anak Bangsa dan warga negara Indonesia, bahwa keragaman budaya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri berbeda - beda namun tetap satu jua, Imlek menjadi alat pemersatu Bangsa. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive