Jumat, 03 Januari 2020

Soliditas TNI, Koramil Trangkil dan Warga Bersihkan Alur Aliran Sungai

Targethukumonline. Pati - Disejumlah wilayah di Kabupaten Pati sedang digencarkan kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh TNI, Polri bersama masyarakat setempat, pelaksanaan kerja bakti dititik beratkan pada pembersihan sungai serta saluran irigasi untuk mengantisipasi debet air yang terus meningkat diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi.

Antisipasi banjir dan luapan air hujan Koramil Trangkil dan warga bersihkan saluran air sungai.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di wilayah kecamatan Trangkil pada hari ini yang dipelopori oleh anggota TNI Koramil Trangkil bersama warga desa Kadilangu, Sabtu tgl (04/01/20).

Kerja bakti pembersihan saluran irigasi sepanjang area persawahan ini dilaksanakan adalah untuk antisipasi melimpahnya air ketika hujan turun sehingga dapat merendam tanaman padi milik warga yang dekat dengan saluran tersebut.

Terlihat anggota TNI dari Koramil 21 Trangkil Kodim 0718 Pati bersama warga desa Kadilangu kecamatan Trangkil sedang melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sampah dan rumput disepanjang saluran irigasi di area persawahan desa Kadilangu sampai ke pesisir pantai.

Sudah cukup lama saluran irigasi tersebut belum dibersihkan sehingga tanggulnya terlihat menyempit dan tidak dapat menampung debet air pada saat hujan turun dikarenakan tanggul banyak ditumbuhi rumput perdu serta tumbuhan belukar lainnya sehingga dapat menghambat aliran air.

Dengan menggunakan sabit, cangkul serta peralatan seadanya para anggota Koramil Trangkil bersama warga mulai merapikan tanggul dan  membersihkan rumput serta tumbuhan liar yang tumbuh di disepanjang saluran irigasi.

Dan tidak menutup kemungkinan hujan akan terus mengguyur wilayah kabupaten Pati, antisipasi dan normalisasi sungai harus terus ditingkatkan akan kemungkinan terburuk terjadinya air bah kiriman yang dapat mengakibatkan banjir bandang sesaat.

Apalagi dari data BMKG bahwa sepanjang bulan Januari di beberapa wilayah jawa tengah yang ada menandakan cuaca yang tidak bersahabat, mendung yang disertai hujan akan terus terdampak di beberapa wilayah di kabupaten Pati khususnya.

Salah satu warga yang ikut bergotong royong sangat apresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Koramil Trangkil yang berupaya dan bersusah-payah untuk mengantisipasi datangnya bencana alam yang tidak terduga, seperti banjir kiriman dan sebagainya. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive