Ratusan Sepeda Tua Meriahkan Anniversary KOSTI Pati

Targethukumonline. Pati - Ratusan sepeda tua pagi tadi terlihat berkeliling kota Pati, bukan acara pawai ataupun karnaval, namun acara tersebut adalah dalam rangka memperingati hari jadi Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Korwil Pati yang ke 1.

Universary Kosti Pati dimeriahkan oleh ratusan komunitas sepeda onthel.

Selain ngonthel bareng keliling kota Pati yang diikuti oleh 550 orang peserta untuk memeriahkan universary KOSTI Pati yang pertama, panitia juga mengadakan acara syukuran dan tumpengan yang dipusatkan di aula Suluh Bhakti Kodim 0718 Pati, Minggu tgl (16/02/20).

Acara ngonthel bareng Dandim Pati dan Bupati Pati pagi tadi terlihat sangat meriah karena pemandangan seperti ini termasuk langka karena jarang sekali terjadi.

Melihat ratusan sepeda tua berkeliling kota Pati, mengingatkan pada tahun 70 atau 80 an karena dimasa itulah sepeda tua paling banyak digunakan sebagai alat transportasi.

Namun kini sepeda tua tersebut sudah jarang dijumpai karena sudah termasuk barang langka serta antik sehingga hanya kolektor atau orang - orang tertentu saja yang tergabung dalam komunitas seperti KOSTI yang memiliki sepeda tua semacam itu.

Sekitar pukul 06.40 WIB ngonthel keliling kota diberangkatkan oleh Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE start dari halaman Kodim 0718 Pati berkeliling kota Pati menempuh jarak sekitar 7 km dan finish kembali di halaman kodim Pati.

Tidak disangka - sangka, acara tersebut juga mendapat apresiasi dari orang nomor satu di kabupaten Pati yang tampak hadir dan ikut ngonthel bersama KOSTI. 

Selain Bupati dan Komandan Kodim Pati, terlihat pula dalam rombongan tersebut adalah Wakapolres Pati Kompol I Wayan Rudy S, SH.M.Pd.H., Kasdim 0718 Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag.Msi., para Perwira Staf Kodim 0718 Pati, seluruh Danramil 0718 Pati dan para Ketua Komunitas Sepeda Tua masing - masing kecamatan sekabupaten Pati bersama anggota komunitas.

Setelah ngonthel keliling kota Pati, acara dilanjutkan dengan syukuran dan potong tumpeng bertempat di aula Suluh Bhakti Kodim Pati.

Membuka acara tersebut, Ketua Panitia Endro sriyoto yang merupakan wakil ketua KOSTI Korwil Pati menyampaikan terima kasih kepada forkopimda Pati yang berkenan hadir serta telah memberikan fasilitas kepada KOSTI berupa perijinan kegiatan.

"Pada kesempatan pagi hari ini kita juga mendapatkan tamu yang luar biasa yaitu Lio dari Banyuwangi, yang telah sukses sekitar 8 bulan lalu melaksanakan ngontel, berangkat dari Banyuwangi menuju ke titik nol Indonesia yaitu di Aceh kemudian kembali lagi ke Banyuwangi.

"Saya selaku panitia serta seluruh anggota pasti sudah berupaya semaksimal mungkin menyiapkan acara ini yang terbaik, namun pada kenyataannya hanya inilah yang dapat kami suguhkan, untuk itu saya mewakili panitia mohon maaf yang sebesar - besarnya," ucap Endro.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Pati H. Haryanto, SH.MM.MSi menyampaikan apresiasi kepada KOSTI karena dengan sepeda ontel bisa guyub rukun sekaligus berolah raga murah meriah tapi bisa membuat badan sehat.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang pertama kepada KOSTI, semoga jaya selalu.

Dan semoga kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan karena untuk ajang silaturahmi sesama komunitas Onthel supaya dapat guyup rukun," tutur Haryanto. (ROI)