Minggu, 02 Februari 2020

Soliditas TNI, Kodim Pati Laksanakan Upacara Bendera dan Corp Raport MPP

Targethukumonline. Pati - Minggu pertama bulan pebruari tahun 2020 Kodim 0718 Pati menggelar upacara bendera yang dirangkai dengan acara Corps Raport Prajurit dan PNS Kodim Pati yang sudah memenuhi persyaratan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dan pensiun, Corps Raport masuk satuan dan pindah satuan, Senin tgl (03/02/20).

Pisah dan sambut bagi prajurit TNI yang sudah memasuki MPP.

Menjabat sebagai Inspektur Upacara, Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilhanm Zamani, SE membacakan amanat upacara dari Komandan Korem 073 Makutarama Kolonel Arm Moch. Erwansjah, S.IP. M.Hum.

Upacara Bendera memiliki arti demikian penting, terutama untuk memantapkan kebersamaan dan soliditas satuan, serta meningkatkan tekad pengabdian dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat di masa depan yang tidak semakin ringan.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa volume dan frekuensi tugas - tugas TNI Angkatan Darat akan semakin padat dan besar, seiring dengan perkembangan situasi dan dinamika perubahan di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baik ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, sosial budaya maupun keamanan.

Hal itu merupakan tanggung jawab kita untuk terus menerus meningkatkan kemampuan dan kesiapan dalam melaksanakan tugas di wilayah masing - masing.

Menyikapi beberapa situasi wilayah Indonesia khususnya wilayah perairan pulau Natuna sempat terjadi komunikasi memanas dengan Tiongkok dengan mengklaim 80% laut Cina Selatan sebagai wilayahnya dari bagian  Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. 

Dan juga kita waspada terhadap potensi - potensi ancaman lainnya, termasuk ancaman bencana alam seperti banjir yang menimpa beberapa wilayah kita. 

Hal itu disebabkan karena letak geografis serta perubahan cuaca yang ekstrim sehingga menjadi salah satu pemicu terjadinya bencana alam di Indonesia.

Diahir amanat, Danrem memberi penekanan agar seluruh anggota Korem 073 Makutarama beserta seluruh satuan - satuan jajarannya agar meningkatkan kewaspadaan melalui deteksi dan cegah dini terhadap setiap perkembangan situasi dan segala kemungkinan yang terjadi dengan cermat, laksanakan koordinasi, sinergitas dan kerja sama yang baik dengan instansi lain maupun berbagai komponen yang ada di masyarakat.
      
Setelah kegiatan Upacara bendera, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan acara tambahan yakni Corps Raport Masa Persiapan Pensiun (MPP), Corps Raport masuk satuan dan pindah satuan yang turut dihadiri oleh istri anggota yang sedang melaksanakan Corps Raport.

“Saya mengucapkan selamat bergabung di Kodim Pati bagi anggota yang baru masuk ke Kodim Pati, segera menyesuaikan dengan tupoksinya masing-masing, belajarlah dari pengalaman seniormu yang sudah lama berdinas,” terangnya.

“Bagi yang pindah satuan saya berharap agar dapat menerapkan hal yang positif selama berdinas di Kodim Pati ini agar bisa diterapkan di satuan barumu,” kata Adi.

Letkol Adi juga berpesan kepada anggota TNI dan PNS TNI AD yang memasuki masa persiapan pensiun agar dapat menyesuaikan dengan kehidupan ditengah-tengah masyarakat.

“Tapi ingat, para anggota yang sedang MPP ini statusmu sampai saat ini masih sebagai prajurit, dari satuan memberikan waktu selama satu tahun sebagai masa orientasi agar dapat menyesuaikan dengan kehidupan di masyarakat, tapi apabila tenaga masih dibutuhkan oleh TNI AD khususnya Kodim Pati harus selalu siap sampai dengan resmi menyandang status purnawirawan atau pensiun,” terang Dandim.

Acara Corps Raport yang dilaksanakan hari ini di halaman Kodim 0718 Pati sebanyak tiga orang yang memasuki masa persiapan pensiun Pelda Jasmain Banim Siter Kodim Pati, Pelda Ramidi Babinsa Koramil 20 Tambakromo, Serma Budi Prasetyono Babinsa Koramil 16 Jaken dan PNS TNI AD yang memasuki usia pensiun PNS 02 Juwana Maryono.

Sebanyak empat  orang masuk satuan dan empat orang personel yang pindah satuan Serka Agus Cahyana pindah ke Kodim Kudus, sedangkan tiga orang pindah ke Kodim Purwodadi Serka Wahyu Djoko S., Serda Suratman dan Kopda Supardi. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive