Senin, 30 Maret 2020

Aktivis Muda HMI Meulaboh Angkat Bicara Soal Pembelajaran Kuliah Sistem Daring

Targethukumonline. Aceh Barat - Aktivis Muda Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Meulaboh, Suwardy, S.Pd menurutnya, Kampus di kabupaten Aceh Barat harus punya strategi khusus pemanfaat anggaran seperti Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk kemakmuran mahasiswa dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah setempat, Senin tgl (31/03/20).

Mr. Suwardy, SPd aktifis muda HMI.

"Setiap kampus di Aceh Barat ada Anggaran khusus dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah kabupaten seperti anggaran DIPA dan disana ada beberapa formasi seperti, anggaran perjalanan dinas Rektor, anggaran kegiatan kemahasiswaan dan anggaran lainnya, semestinya anggaran itu bisa dimanfaatkan untuk pencegahan virus COVID-19, Atau digunakan untuk kemakmuran Mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan sistem Daring (online) dengan berbagai macam tugas yang diberikan," ungkap Suwardy, Kabid Perguruan Tinggi, Kepemudaan dan Kemahasiswaan HmI Cabang Meulaboh.

Selain itu, lanjut Suwardy, dalam menghadapi situasi sulit seperti ini. Mahasiswa dipaksa harus harus mengikuti kuliah sistem online, apalagi ada beberapa mahasiswa di pelosok Aceh Barat yang tidak memiliki sinyal internet, dan terkendala dengan kuota internet terutama mahasiswa yang tingkat pendapatan ekonomi orang tuanya ke bawah.

"Kalau kuliah online yang diberlakukan sekarang, banyak menyulitkan mahasiswa  dan terutama mahasiswa pelosok Aceh Barat yang tidak memiliki sinyal internet, pihak kampus harus meninjau permasalahan yang hadapi mahasiswanya," jelasnya.

Ia menambahkan, pasca penerapan kuliah Daring menyebabkan mahasiswa gagal faham, metode pembelajaran yang diterapkan selama ini, hanya terfokus pada Pemberian tugas semata, seakan dosen kehabisan metode dalam melakukan perkuliahan sekarang," tambah Suwardy.

Suwardy berharap, setiap kampus yang ada di Aceh Barat punya strategi jitu dalam memanfaatkan Anggaran Kampus, dari pada harus dikembalikan lagi ke pusat, selain itu, katanya, Jika harus diberlakukan Kuliah online haruslah meninjau beberapa permasalahan yang sedang dihadapi oleh mahasiswa dimasa Lockdown yang disebabkan oleh pandemi virus Covid-19 ini. (Mahlil)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive