Tinjau Pasar Porda Yang Terbakar, Bupati Haryanto Instruksikan Petugas Segera Rampungkan Pembersihan Sisa Kebakaran

Targethukumonline. Pati - Bupati Pati Haryanto, bersama Sekretaris Daerah Pati Suharyono, Kepala Disdagperin, Kasatpol PP, camat dan muspika serta instansi terkait, Senin pagi melaksanakan peninjauan pasar Porda Juwana yang terbakar sabtu malam, 9 Mei 2020.

Bupati Pati tinjau langsung pasar Porda yang terbakar.

Pasar Porda merupakan tempat penjualan grosir bawang dan kebutuhan pokok masyarakat yang cukup besar di kabupaten Pati, Senin tgl (11/05/20).

Bupati saat meninjau pasar mengatakan pasca kebakaran, pasar segera dibersihkan agar aktivitas untuk masyarakat berdagang atau berjualan di pasar ini bisa pulih kembali.

"Karena kalau tidak segera kita bersihkan nanti masyarakat yang biasa berjualan maupun  beraktivitas di pasar ini akan sedikit terganggu dan tidak bisa berjualan," ujarnya.

Untuk pembangunannya nanti, ungkap Bupati, menunggu alokasi anggaran.

Ia menjelaskan paling cepat perubahan anggaran tahun ini dan paling lambat anggaran 2021.

"Kalau bisa di perubahan anggaran, nanti kita alokasikan di perubahan anggaran," yakinnya.

Bupati mengatakan nantinya pembangunan pasar akan berbentuk los, untuk penjualan kebutuhan pokok diantaranya adalah bawang putih, merah, cabe dan kebutuhan sehari-hari.

"Hari ini langsung kita bersihkan, InsyaAllah sehari dua hari ini paling sudah rampung dan sudah saya bawakan alat berat termasuk atap-atap bekas terbakar ini juga akan dibersihkan," imbuhnya.

Terkait penyekatan kios pedagang, Bupati menerangkan akan rapat dengan instansi terkait. 

“Dan karena ini musibah dan memang kebutuhan mendesak dan dibutuhkan oleh para pedagang, maka akan kita musyawarahkan dengan instansi terkait agar semua berjalan lancar," ujarnya.

Bupati menekankan pembangunan pasar dalam keadaan darurat, minimal harus memiliki atap. 

"Tapi yang namanya darurat itu kan kita tidak boleh membangun permanen. 

Jadi biar diatur,  minimal nanti para pedagang dan pembeli tidak kehujanan ataupun kepanasan," tutur Haryanto.

Bupati berharap dalam satu atau dua hari pembersihan puing- puing kebakaran bisa rampung, karena sudah didatangkan alat berat.

"Semoga aktivitas di pasar ini bisa cepat pulih kembali," harapnya. (ROI)