Senin, 11 Mei 2020

Tinjau Sejumlah Puskesmas, Wabub Pastikan Puskesmas Siap Tangani Skrining Pasien Covid-19

Targethukumonline. Pati - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Edi Sulistyono melakukan monitoring sekaligus menyalurkan bantuan APD ke beberapa puskesmas yang ada di kabupaten Pati, Senin tgl (11/05).

Monitoring bantuan APD ke sejumlah puskesmas.

Selain itu, kunjungan ini juga memastikan kesiapan puskesmas dalam menghadapi pandemi covid- 19.

Selain mengecek pelayanan dan ketersediaan APD, Wabup juga memastikan bahwa Puskesmas sudah menjalankan prinsip prinsip pencegahan Covid- 19 yaitu penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, pemakaian APD juga pelaksanaan skrining serta Iangkah langkah yang harus diakukan setelah hasil skrining diketahui.

Menurut Wabup saat ini Puskesmas memegang peranan penting dalam upaya melawan virus corona (Covid-19).

Ia mengatakan Puskesmas berperan untuk pencegahan mulai melakukan skrining dan memberikan respons kepada masyarakat terkait penyebaran virus corona.

Namun demikian, Safin mengungkapkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, petugas kesehatan harus melaksanakan dengan hati-hati dan menjalankan dengan protokol pencegahan covid- 19.

“Kita semua tahu bahwa kita memiliki masalah yang sama yaitu khawatir tertular virus Corona tapi kita juga harus tahu bahwa ada masyarakat yang terus membutuhkan kita dan tetap harus kita layani," tutur Safin kepada para tenaga medis yang ditemuinya.

Kepada petugas medis Wabup pun menghimbau agar selalu mengedukasi masyasyakat dengan memberikan pemahaman agar jangan sampai ada stigma bagi korban covid 19.

Wabup menekankan tertular covid- 19 bukanlah aib, tetapi wabah virus yang harus diperangi bersama.

"Jangan takut tapi tetap waspada, saat ini yang bisa menghadapi musuh kita hanyalah tenaga medis.

Kini saatnya para tenaga medis berbakti kepada ibu pertiwi, jalani dengan ikhlas saja," imbuh Safin.

Safin mengatakan dirinya akan terus menyambangi sejumlah fasilitas kesehatan masyarakat untuk memastikan kualitas pelayanan di tempat tersebut tidak menurun.

Wabup juga mengatakan, dirinya menerima masukan dari tenaga medis dan keluhan seperti dalam menangani Covid-19.

“Tentunya, mereka juga butuh suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh.

"Saya akan memperhatikan ketersedian vitamin ataupun suplemen lain bagi tenaga medis," janjinya.

Dalam monitoring hari ini, Safin menyalurkan bantuan APD berupa 100 pcs masker bedah dan 50 hazmat di setiap puskesmas yang dikunjungi, yaitu Puskesmas Pati II, Wedarijaksa, Trangkil, Margoyoso, Gunungwungkal, Cluwak, Dukuhseti, Tayu I dan Tayu II. (ROI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive